Jumat, 21 September 2012

Bagaimana cara menjadi ahli di bidang apapun

Banyak yang menyatakan bahwa untuk menjadi ahli di satu bidang dibutuhkan tidak sekedar latihan, tetapi harus ada bakat. Bahkan bakat adalah penentunya.

Apakah benar seperti itu?
Belum tentu.

Satu yang jelas, bahwa practices make perfect, asal dilakukan dengan benar.



Berikut 3 tips agar bisa menjadi ahli di bidang olahraga, pidato, negosiasi, bahasa asing, bela diri atau bidang apapun yang anda inginkan, dalam waktu yang singkat:

·        Latih lah sampai batas kemampuan, dan ulangi terus.
Berlatih hanya sekedarnya saja akan memberikan hasil yang sekedarnya juga.
Ketika kita berlatih untuk melampui batas kemampuan kita, dan itu dilakukan terus menerus, maka kita akan “naik kelas”. Semakin sering kita mencapai/melampaui batas kemampuan kita, semakin cepat kita naik kelas.

·        Buat lah ukuran tingkat keahlian dan pantau perkembangan hasil latihannya.
Ketika keahlian kita meningkat dari waktu ke waktu, artinya kita berada di jalur yang tepat. Bila tidak ada perubahan atau perubahan yang terlalu sedikit, maka waktunya memikirkan ulang metode latihan kita. Bacalah buku, browsing internet atau diskusikan dengan orang yang kita anggap lebih ahli sampai kita menemukan metode latihan yang lebih baik.

·        Rasakanlah bahwa kita terlahir untuk menjadi ahli di bidang itu; nothing can stop us!
Kepercayaan diri yang tinggi dan keyakinan bahwa “I am the man!” akan memberikan energi tambahan, keluwesan dan komitmen yang kita perlukan untuk berlatih dengan optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

lakukan satu satu

anak muda, lakukan semuanya sepenuh hati. jangan pernah setengah-setengah karena itu hanya membuang waktumu saja. fokuslah pada apa yang ...